Materi

Sejarah Pembentukan PASKIBRAKA

Seorang Ajudan Presiden Republik Indonesia pertama, Mayor ( L ) Hussein Mutahar, pada tahun 1946 di Istana Gedung Agung Yogyakarta mendapatkan tugas dari Presiden untuk mempersiapkan Upacara Bendera Hari Ulang Tahun Pertama Kemerdekaan Republik Indonesia. Pada saat itu, Bapak Hs. Mutahar mempunyai pemikiran bahwa untuk menumbuhkan rasa persatuan bangsa, sebaiknya pengibaran Bendera Pusaka Merah Putih ( bendera pertama yang dikibarkan di Jl.Pegangsaan Timur No. 56 sebelum Presiden Ir.Soekarno membacakan Teks Proklamasi ) dilakukan oleh para pemuda Indonesia yang datang dari seluruh propinsi.
Karena saat itu pusat pemerintahan Republik Indonesia terpaksa harus pindah dari Jakarta ke yogyakarta akibat aksi teror Belanda, maka keinginan mendatangkan para pemuda daerah itu tidak mungkin terwujud. Sebagai gantinya, Bapak Hs. Mutahar memilih 5 pemuda pelajar perwakilan daerah yang ada di Yogyakarta terdiri dari 3 putra dan 2 putri ( jumlah 5 = simbol Pancasila ). Regu Pengibar Bendera Pusaka (RUKIBRAKA) dibentuk kembali pada peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun 1947 dan 1948 yang bertugas di Istana Gedung Agung Yogyakarta dengan komposisi anggota perwakilan daerah yang berbeda.
Dua puluh tahun kemudian, Bapak Hs. Mutahar diangkat menjadi Direktur Jenderal Urusan Pemuda dan Pramuka ( Dirjen UDAKA ) Departemen P & K tahun 1966. Setahun sesudah itu, beliau mendapatkan tugas dari Presiden Soeharto untuk mempersiapkan upacara bendera pada HUT Kemerdekaan Ri ke-21 di Istana Merdeka. Kesempatan mewujudkan gagasan 20 tahun yang lalu untuk mendatangkan pemuda – pemudi utusan propinsi terbuka lebar. Beliau kemudian mengembangkan formasi pengibaran menjadi 3 kelompok, yaitu :
• Kelompok 17 / Pengiring ( Pemandu )
• Kelompok 8 / Pembawa ( Inti )
• Kelompok 45 / Pengawal
Ini merupakan simbol dari tanggal Proklamasi Kemerdekaan RI, 17 Agustus 1945. Tetapi waktu untuk pemanggilan itu terlalu mendesak, perlu diuji coba dulu tata cara pendidikan / latihan dan penunaian tugas utamanya. Karena itu belliau meminta bantuan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jakarta untuk menggunakan prara pramuka Penegak menjadi anggota Pasukan Pengerek Bendera Pusaka (PASKERAKA). Semula rencana beliau untuk kelompok 45 akan terdiri dari para Mahasiswa AKABRI (Generasi Muda ABRI). Usul lain menggunakan anggota Pasukan Khusus ABRI (seperti PRKAD, PGT, MARINIR, dan BRIMOB) juga tidak mudah, akhirnya diambil dari Pasukan Pengawal Presiden (PALWAPRES) yang mudah dihubungi dan sekaligus mereka bertugas di Istana Negara Jakarta.pola latihannya menggunakan Latihan Pemuda “Pandu Ibu Indonesia berPancasila”. Baru setelah pola itu dianggap berhasil, tahun 1968 mulai memanggil pemuda pelajar SMA dari seluruh Indonesia setiap Propinsi / Daerah Istimewa / DKI mengirim 2 utusan, seorang putra dan seorang putri. Hanya 23 dari 25 propinsi yang dapat mengirimkan utusannya.
Pasukan yang dibentuk tahun1968 ini dianggap sebagai Paskibraka pertama dan terakhir yang mengibarkan Bendera Pusaka (kata PASKIBRAKA dilontarkan oleh Idik Sulaeman pada tahun 1973). Bendera Pusaka yang sudah berusia 23 tahun (dibuat bukan dari kain yang bagus dan baru, dan dijahit oleh Ibu Fatmawati serta pernah diselamatkan Bapak Hs. Mutahar dari kemungkinan perampasan tentara Belanda) sudah dianggap tua untuk dikibarkan, warnanya pun sudah tidak merah putih lagi. Yang dikibarkan oleh Paskibraka 1969 adalah duplikat Bendera Pusaka, dan Bendera Pusaka bertugas mengiringi bendera yang akan dikibarkan dari tempat Inspektur Upacara ke Tiang 17 dan pada penurunan bendera pada sore harinya. Mulai tahun 1992, pola latihan Paskibraka menggunakan pola Latihan Perintis Pemuda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s